Pages

Kamis, 07 Februari 2013

Cara Mempercepat Kinerja Android




Om Swastiastu

Sebagai pemilik suatu gadget android, kita pastinya menginginkan perangkat tersebut berjalan dengan cepat. Namun  seiring berjalannya waktu gadget android akan mengalami penurunan peformanya. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk lebih meningkatkan kinerja pada android mu

1. Gunakan Wallpaper Statis atau warna hitam
     Live wallpaper memang membuat android anda lebih atraktif. Tetapi Live wallpaper dapat memberatkan pergerakan anda dekstop awal. Menggunakan wallpaper statis dapat mempercepat transisi di dekstop android

2. Matikan Animation
    Animasi membuat perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya jadi terasa lembut. Namun taukah anda bahwa penggunaan animasi pada android dapat memperlambat kinerja android anda. Untuk mematikan animasi untuk gingerbread anda bisa pergi ke Setting>Display>Animation>No Animations. Sementara untuk Ice cream Sandwich anda bisa pergi ke Setting>Developer Options>Window Animation Scale>Animation is   Off

3. Tutup Aplikasi yang ada di Background
     Android memang sudah diberkahi dengan kemampuan multitasking yang mengagumkan. Akan tetapi apabila kita terlalu banyak membuka aplikasi di background, android yang kita gunakan akan terbebani dan secara otomatis akan memperlambat aplikasi yang sedang kita gunakan. Sebaiknya anda membiasakan diri untuk menutup aplikasi dengan tombol back. Bukan menggunakan tombol Homescreen. 

4. Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi 
    Terkadang kita tergoda untuk menginstall aplikasi yang baru saja kita lihat di playstore. Sebaiknya kita menginstall aplikasi seperlunya saja karena memori yang terdapat pada android kita cepat atau lambat pasti tidak akan bisa menampung data dari aplikasi tersebut.

5. Kurangi jumlah icon dan widget di homepage
    Icon dan widget yang terdapat pada homepage juga mempengaruhi kinerja android anda. Sama seperti aplikasi, icon dan widget juga membutuhkan memori dan ram. Nah jika semakin banyak otomatis homepage pada android anda akan terbebani dan akan memperlambat kinerja android anda

6. Autobrightness. 
   Kebanyakan ponsel android telah dilengkapi dengan ambient light sensor yang akan memeriksa kondisi cahaya di sekeliling ponsel dan menyesuaikan kecerahan layar yang dipancarkan. Akan tetapi selain memboroskan daya, aktif autobrightness juga membebani kinerja ponsel.  

7. Matikan Auto Update Apps. 
   Mengaktifkan fitur update otomatis aplikasi yang terdapat pada menu setting Play Store, memang dapat membuat aplikasi anda terus diperbaharui tanpa harus mengeceknya secara manual. Namun begitu fitur tersebut tentu akan membebani kinerja ponsel, apalagi ketika tiba-tiba ponsel anda mendownload dan menginstal sebuah aplikasi pada saat anda sedang menjalankan aplikasi lain yang memakan banyak memori.

8. Matikan Plugin Browser
   Jika anda ingin menambah kecepatan browser internet di android anda maka tidak ada salahnya untuk mematikan plugin pada browser anda. Selain menggangu, plugin juga menyebabkan internet kita menjadi lemot Setiap browser memiliki pengaturan sendiri dalam mematikan plugin.

9. Autorotate. 
   Dengan fitur autorotate, orientasi layar anda akan berubah secara otomatis mengikuti posisi ponsel dalam genggaman. Akan tetapi dalam beberapa kasus, rotasi otomatis ini dapat menyebabkan ponsel anda mengalami lag atau jeda yang mengganggu. Oleh karena itu anda dapat mematikan autorotate ini dengan masuk ke setting > display dan hilangkan tanda centang pada kotak disamping menu “autorotate screen”. 

10. Factory Reset 
    Jika anda telah melakukan langkah diatas namun hasilnya kurang memuaskan, melakukan reset perangkat bisa menjadi jalan terakhir. Hal ini dikarenakan pada Android terdapat beberapa aplikasi yang otomatis berjalan di background ketika anda pertama kali menghidupkan ponsel. Ini belum termasuk pula aplikasi yang menam ilkan pop-up iklan yang selain menyedot penggunaan memori juga penggunaan data internet anda. 


Semoga artikel ini dapat membantu anda

Terima kasih sudah mengunjungi Sebastian Dika Official Website
Om Shanti,Shanti,Shanti,Om


Tabloid PULSA

0 komentar: