Pages

Selasa, 28 Mei 2013

Mengetahui Tanda-tanda Android Kita Terkena Virus atau Malware



Om Swastiastu

Tahukah anda bahwa 80 % pengguna android di seluruh dunia tidak mengetahui tanda-tanda android  mereka sudah terkena virus. Padahal setiap tahunnya pertumbuhan virus di android setiap tahunnya meningkat 300%.! Mengejutkan memang namun juga kita coba telaah pelan-pelan hal ini termasuk wajar. Karena dalam kurung waktu 3 tahun belakangan ini sistem operasi tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat.Hal ini bisa kita liat dari banyaknya kerabat atau saudarayang memiliki ponsel / Tablet android. 

Lalu adakah tanda-tanda khusus untuk mengetahui android kita sudah terkena virus atau malware? Ya ada bahkan banyak sekali pula. Maka dari itu saya disini akan memberikan 5 yang paling mendasar. Apa saja itu berikut adalah tanda-tanda android kita terkena virus atau malware


1. Kinerja Android kita melambat.
Perangkat android yang sudah terkena virus atau malware akan terkesan lebih lambat dari biasanya. Hal ini disebabkan karena virus biasanya memakan RAM yang melebihi batas. Sehingga menyebabkan lag atau bahkan hang. 













2. Baterai Android kita lebih boros dari biasanya 
Android memang dikenal sebagai sistem operasi yang boros. Namun jika sudah terkena virus baterai ponsel android bisa lebih parah. Hal ini sebenarnya berbanding lurus dengan yang saya jelaskan diatas. Untuk mengetahuinya sebenarnya mudah saja. Sebagai pemilik dari ponsel tersebut tentunya anda tau batasan baterai ponsel anda. Nah jika anda merasa hari ini lebih boros dari kemarin, maka anda bisa curiga kalau nadroid anda terkena virus.



3. Konsumsi data naik tiba-tiba
Pernahkah anda memperhatikan data atau statistik penggunaan data di ponsel android anda ? tentu sebagai pengguna bisalah mengetahui seberapa besar anda mengakses internet dan menghabiskan data, namun terkadang malware bisa membuat statistik ini menjadi naik atau bengkak secara tiba-tiba. Hal ini juga bisa terjadi pada tagihan telepon yang dengan tidak logika bisa membengkak, padahal penggunaan biasa atau normal-normal saja.















4. Seringnya Mendapatkan Gangguan Pada Saat Melakukan Panggilan/Dropped Call 
Malware mobile dapat mempengaruhi panggilan masuk pada Android yang terkena virus, malware jenis ini cukup mengganggu terutama pada saat terjadinya percakapan ketika pengguna melakukan telepon. Misalnya, pada saat terjadi kontak percakapan telepon tiba-tiba telepon mati atau terdengar suara- suara aneh. Malware jenis ini bisa menguping jenis pembicaraan yang dilakukan melalui Android, namun malware tidak lantas bisa dijadikan satu-satunya tersangka jika terjadi gangguan semacam ini. Karena bisa saja karena terjadi gangguan yang berasal dari operator.





5. Boros Pulsa Atau Tagihan Telepon Membengkak 
Boros pulsa dan membengkaknya tagihan pada telepon merupakan salah satu dari efek Android terkena virus, sebab malware pencuri pulsa menggunakan berbagai macam tehnik pencurian pulsa misalnya dengan mengirim SMS ke nomor tertentu dengan tarif premium. Namun tidak semua malware agresif ada yang hanya mengirim SMS sebulan sekali ada yang seminggu sekali, jenis malware ini adalah yang paling merugikan karena langsung otomatis menghapus diri sendiri tidak meninggalkan jejak setelah selesai menguras tagihan/pulsa pada pengguna dengan cepat. Jadi bagi pengguna Android sebaiknya mengecek tagihan telepon agar bisa mengetahui jika ada pemakaian yang mencurigakan, karena bisa jadi hal itu karena serangan malware.


Lalu bagaimana pencegahannya ?

Mudah saja sebenarnya. Kita bisa menginstall antivirus sebagai pencegahan. Ada banyak sekali antivirus ternama di playstore. jaidi kta tinggal pilih sesuai keinginan

Demikian artikel Mengetahui Tanda-tanda Android Kita Terkena Virus atau Malware semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah mengunjungi Sebastian Dika Official Website
Om Shanti,Shanti,Shanti,Om

0 komentar: