Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

Review, Spesifikasi, Harga Samsung Galaxy Note 10.1



Om Swastiastu

Tidak seperti biasanya kali ini saya akan menghadirkan sebuah review dari gadget baru saja saya dapatkan. Berhubung ini tulisan  pertama saya, saya ingin minta maaf jika ada kesalahan. Selamat membaca.
Samsung kembali mencoba peruntungannya di kancah tablet pc. Namun kali ini bukanlah "Tab" terbaru yang diluncurkan melainkan "Samsung Galaxy Note 10.1" yang akhirnya saya berhasil mendapatkannya. Perpaduan antara multitasking sempurna dengan peforma luar biasa menjadikan tablet ini patut dipertimbangkan.




Desain
Dimensi: (WxDxH) : 262 x 180 x 8,9 mm dan bobot 600 g. 

Secara garis besar, desain Note 10.1 serupa dengan Galaxy Tab 10.1. Logo samsung diletakkan dengan posisi dibawah layar sehingga dapat disimpulkan bahwa posisi default Galaxy Note 10.1 adalah landscape.
Untuk penempatan tombol. tombol power diletakkan di bagian atas berdampingan dengan tombol pengatur volume, slot micro sd, slot kartu sim, port audio,dan SD IR Blast. Sedangkan untuk bagian bawah hanya terdapat port charger yang bisa difungsikan sebagai transfer data ke PC. Sayangnya Samsung masih memberikan sentuhan plastik sehingga menimbulkan kesan "murah".




Hardware
1,4 GHz quad-core Cortex-A9 CPU, Mali-400MP GPU, Exynos 4 Quad chipset, 2 GB of Ram, 16 GB storage

Samsung memberikan Galaxy Note 10.1 dengan hardware "Monster" seperti prossesor quadcore, 2 GB ram. Namun sayangnya dengan penggunaan hardware monster ini membuat konsumsi baterai lebih rakus. Tetapi hal ini berhasil ditutupi oleh samsung dengan penggunaan baterai kisaran 7000 mAh.
Soal peforma gaming tidak usah diragukan lagi. Dari RAM-nya saja kita sudah mengetahui bahwa perangkat ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan Game HD. Kebetulan saya juga sudah sempat mencoba game berat seperti Modern Combat 2, The Adventure Of Tintin The Game yang nantinya akan saya bagikan setelah mem-posting review ini.




User Interface
10.1" PLS TFT capaciive touchscreen 1280 x 800 piksel - 149 ppl 16 Juta warna; Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich, Touchwiz UX; Side by side function

Seperti kebanyakan tablet pc buatan Samsung. Galaxy Note 10.1 masih mengusung OS Ice Cream Sandwich dan belum Jelly Bean. Samsung Galaxy Note 10.1 juga sudah dilengkapi dengan pop-ups video. Jadi kita bisa menonton video sambil melakukan aktivitas lainnya. Salah satu fitur yang sangat diunggulkan adalah Side by side function. Fitur ini memungkinkan anda untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan dalam mode split screen. Sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan untuk pemutar video, Browser, S-Note, Polaris Office, Galeri dan E-mail. Dari sini kita bisa melihat bahwa fungsi tersebut lebih diperuntukan untuk dunia kerja.




Camera
Kamera Belakang 5 MP, 2592x1944 piksel, autofocus; Kamera depan 1,9 M

Tidak cukup hanya dengan hardware-nya yang "monster", Samsung membekali Galaxy Note 10.1 dengan kamera belakang 5 MP lengkap dengan Flash. Sejumlah setting tambahan diantaranya self potrait, shooting mode, effect dan sebagainya telah disematkan dalam tablet ini. Sayangnya Galaxy Note 10.1 hanya sanggup merekam video berkualitas HD 720p (1280 x 720 piksel).




Multimedia
Audio: AAC, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA ; Video: AVI, DIVX, FLV, M4V, MKV, MP4, WMV, TS; Pop Up Play, Live Video List

Tidak ada yang spesial di pemutar musiknya. Pemutar musik di Galaxy Note 10.1 mengkategorikan lagu yang disimpan berdasarkan album, artis, genre, folder, komposer, tahun, dan playlist.
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, anda bisa memutar video sambil menggunakan aplikasi yang lain dengan fitur Pop Up Play. Koleksi video yang tampil di galeri tersaji dalam sebuah thumbnail live video list yang menyajikan preview video secara bergerak.




Konektivitas
GSM/GPRS/EDGE/UMTS/HSDPA 850/900/1800/1900/2100HSPA 21 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP

Surfing di dunia maya terasa asik dengan web browser di Galaxy Note 10.1. Layar-nya yang besar, Bobot-nya yang ringan membuatnya mudah dibawa ke tempat-tempat hotspot. Browser-nya juga sudah mendukung Adobe Flash Player jadi lebih menambah pengalaman berselancar kamu. Namun sayangnya browser di Galaxy Note 10.1 hanya mampu membuka 8 tab.
Selain fitur browsing, Samsung Galaxy Note 10.1 juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Baik itu panggilan video via 3G atau biasa






Fitur Unggulan
S-Pen, S-Memo, S-Note, S-Planner, Photoshop Touch, Polaris Office

S-Pen adalah semacam stylus yang bisa anda gunakan untuk beberapa kegiatan seperti menulis atau menggambar. Untuk mendukung kehadirannya, Samsung menyematkan S-Note. Yaitu sebuah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat catatan lengkap dengan rumus matematika.
Rumus matematika ?
Ya anda bisa membuat rumus tersebut dengan stylus kemudian secara otomatis Galaxy note akan merapikan rumus tersebut. Anda bisa memilih mencari di internet atau langsung memasukannya ke dalam catatan.
Anda juga bisa mengelola agenda anda sehari-hari dengan menggunakan S-Planner. Mengedit foto juga bisa anda lakukan dengan menggunakan Photoshop Touch. Dengan Photoshop Touch, anda bisa mengedit foto dengan tool yang sangat lengkap seperti layaknya seorang profesional. Bagi anda yang ingin membuat dokumen di galaxy note 10.1, Samsung sudah menyematkan Polaris Office yang pastinya siap membantu anda dalam membuat dokumen. Dokumen yang bisa dibuat adalah word, excel, powerpoint.

Harga
Berhubung dengan sederet fitur yang mencengangkan tadi, maka tidak heran harga yang dipatok mencapai 6,5 jt (update 24 Oktober 2012). Namun saya rasa itu sebanding dengan peforma yang dibawa.

Kesimpulan
Samsung kembali membuat perangkat-nya memimpin di depan dalam soal peforma. Tidak diragukan lagi bahwa Samsung Galaxy Note 10.1 adalah tablet PC terbaik di kelas-nya. Berbekal Hardware 'lebih dari cukup' Multitasking yang menyenangkan, anda bisa melakukan hampir segala aktivitas hanya dalam dua genggaman (yang ini optional tergantung dari seberapa kuatnya anda.). Jangan lupa juga anda harus menyiapkan kocek yang dalam untuk membawa-nya pulang


(+) Kelebihan
- Hardware Mantap
- Side by Side Function
- Pop Up Play Video
- Thumbnails Live Video List
- Aplikasi Produktivitas yang lengkap

(-) Kekurangan
- Belum Jelly Bean (terhitung Oktober 2012)
- Port Chager bukan USB
- Kemampuan merekan video belum FULL HD1080P



   Terima Kasih sudah mengunjungi Sebastian Dika Official Website
   

0 komentar: